Text
PENGUKURAN KINERJA SDM
Sumber daya manusia memiliki peran penting diantara faktor-faktor yang lain dalam organisasi perusahaan yang menuntut perusahaan perlu memperhatikan kinerjanya. Dalam menghadapi kondisi ekonomi nasional yang terpuruk akibat dampak pandemi global covid-19 yang berimbas kepada menurunnya pendapatan perusahaan, maka salah satu solusi terbaik adalah perlu dilakukannya penilaian kinerja. Penilaian kinerja bertujuan untuk menilai seberapa baik karyawan telah melaksanakan pekerjaannya dan apa yang harus mereka lakukan untuk menjadi lebih baik di masa mendatang. Ini dilaksanakan dengan merujuk pada isi pekerjaan yang mereka lakukan dan apa yang mereka harapkan untuk mencapai setiap aspek dari suatu pekerjaan.
Human Resource Scorecard adalah sistem pengukuran kinerja yang menilai kontribusi SDM dalam penciptaan nilai perusahaan. Bila fokus strategi perusahaan adalah mencapai keuntungan dari kompetisi, maka fokus pada strategi SDM haruslah disesuaikan. Hal ini untuk memaksimalkan kontribusi SDM terhadap tujuan organisasi, dan selanjutnya menciptakan nilai bagi pemegang saham. Dasar dari peran SDM yang strategis terdiri dari tiga dimensi rantai nilai itu yaitu fungsi, sistem, dan perilaku karyawan.
Buku ini menjelaskan secara jelas bagaimana mengukur kinerja SDM dengan menggunakan Human Resource Scorecard beserta beberapa contoh dan langkah-langkah yang harus ditempuh. Harapan penulis dengan meningkatkan kinerja SDM, tentu perusahaan akan meraih keuntungan pula.
Tidak tersedia versi lain