Text
APLIKASI KOMUNIKASI BISNIS
Kemampuan komunikasi sebagai kompetensi pendukung (soff skills) sangat diperlukan bagi semua lulusan Perguruan Tinggi dalam menghadapi dunia kerja Buku Aplikasi Komunikasi Bisnis ini diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja, unggul, dan berdaya saing. Buku ini disesuaikan dengan proses pembelajaran di kelas yang bergantung pada metode pembelajaran active leaming, instrumen penilaian, dan modul praktik guna memperoleh capaian pembelajaran yang telah ditentukan
Buku Aplikasi Komunikasi Bisnis ini merupakan buku yang terinspirasi dari buku Business Communication karya Mary Ellen Guffey dan Bertha Du Baticock (2008) yang merupakan buku wajib mata ajar komunikasi bisnis di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia yang telah dikombinasikan dari berbagai sumber literatur lainnya Dilengkapi dengan Modul Praktikum Aplikasi Komunikasi Bisnis dan telah memperoleh masukan dari praktisi pengguna lulusan, buku ini disusun untuk 16 kali pertemuan, termasuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk simulasi serta dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Buku ini disajikan secara sederhana, praktis, sistematis, dan terukur untuk melatih keterampilan soff skills mahasiswa dalam melakukan komunikasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja serta dilengkapi dengan manajemen waktu dan manajemen arsip
Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan semua program studi yang memiliki mata kullah komunikasi bisnis sebagai kompetensi pendukung lulusan yang mengedepankan pada keterampilan dibanding teori, serta buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di Indonesia dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul
Bab 1 Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis
Bab 2 Etika Komunikasi dan Manajemen Waktu
Bab 3 Komunikasi Tertulis
Bab 4 Bahasa dan Kalimat dalam Menulis
Bab 5 Menulis Surel dan Memo
Bab 6 Cara Menulis Surat Bisnis Rutin
Bab 7 Kiat untuk Menulis Pesan Goodwill dan Dokumen Huama 8 Monulis Pesan Persuasif dan Pesan Negati
Bab Bab 9 Cara Menulis Laporan serta Proposal Informal da
Bab 10 Komunikasi Lisan: Berkomunikasi Antar-Pribadi, T Telepon, Negosiasi dan dalam Rapat
Bab 11 Komunikasi Kelompok dan Kerja Tim
Bab 12 Presentasi Lisan dan Public Speaking
Bab 13 Teknik Mencari Pekerjaan
Bab 14 Manajemen Kearsipan
Tidak tersedia versi lain