Text
IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
Iklan layanan masyarakat (ILM) merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persuasif atau mendidik khalayak yang bersifat sosial agar masyarakat sebagai audiens dapat bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik. Agar masyarakat memahami hal tersebut, maka dalam buku ini dibahas tentang bangkitnya ILM dalam kondisi perspektif sejarah iklan yang berbentuk propaganda di Indonesia dari masa penjajahan hingga masa Reformasi, serta dihadirkan ILM Mancanegara. Di sisi lain, ILM merupakan salah satu media komunikasi untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima pesan (audiens). Agar ILM dapat diterima oleh audiens, maka diperlukan rasa estetika dalam menghadirkan berbagai elemen-elemen desain, seperti tipografi, ilustrasi, warna, identitas perusahaan/lembaga, animasi, jingle, dan layout. Melalui elemen-elemen desain, maka akan terjadi kontak estetik antara pengirim dengan penerima pesan.
Tidak tersedia versi lain